by

Sejarah, Tradisi, dan Daya Tarik Budaya Suku Sasak

Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang suku sasak, disini akan dibahas banyak sekali informasi penting mengenai suku tersebut. Anda akan bisa mendapatkan banyak sekali pilihan informasi yang didapatkan dari artikel ini sehingga memang nantinya anda akan bisa mengerti atas apa yang ingin anda ketahui itu. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi salah satu hal dasar yang memang wajib untuk anda ketahui jika anda akan berkunjung kesana sehingga nantinya anda akan bisa tahu apa saja yang akan anda temui disana. Disamping itu, hal ini juga memang akan cocok dan penting untuk dijadikan sebagai tambahan informasi yang memang lebih jelas apalagi memang ini merupakan salah satu bagian penting dari apa yang disebut dengan upaya melestarikan adat dan budaya lokal yang masih ada.

Sejarah Singkat Mengenai Suku Sasak

Suku-Sasak-Lombok

Hal pertama yang penting dan harus anda ketahui adalah mengenai sejarah dari suku tersebut. Berdasarkan cerita, nama sasak sendiri berasal dari kata ‘sa’-saq’ yang artinya satu atau lurus. Kemudian kata itu disatukan dengan kata ‘Lomboq’ yang artinya jalan, jadi bisa disimpulkan dengan sebutan jalan satu atau jalan lurus. Berdasarkan sejarah, warga suku itu telah mendiami wilayah lombok sejak 4000 tahun SM. Ada yang mengatakan jika warga suku itu merupakan gen percampuran warga asli Lombok dengan warga pendatang dari luar pulau seperti mataram dan pulau jawa.

Perkembangan Kepercayaan

Pada mulanya memang warga suku sasak sekitar wilayah tersebut dulunya menganut kepercayaan terhadap hinduisme. Lalu kemudian datanglah islam merombak kepercayaan mereka sehingga ada perbuhan pada kepercayaan. Namun perubahan yang terjadi tidak secara keseluruhan, pasalnya masih ada beberapa bagian kelompok masyarakat yang masih melakukan beragam ritual tertentu. Jika dilihat saat ini, kebanyakan memang didominasi oleh islam Sunni dalam jumlah besar. Selain itu, ada juga orang yang memang menggabungkan ritual islam dengan hindu yang bisa disebut sebagai islam wetu. Selain itu, ada juga kelompok kecil yang masih menjalankan kepercayaan yang disebut golongan boda namun jumlahnya sangat sedikit.

Beragam Tradisi Lokal

Jika memang tujuan kita untuk berkunjung ke suku itu untuk melakukan aktivitas wisata, sebaiknya kita ketahui bahwa memang ada beberapa kegiatan tradisi yang sering digelar. Dengan begitu, maka kemudian ini bisa menjadi ajang atau momen yang tepat untuk kita berkunjung kesana yakni dengan menciptakan kondisi liburan yang menyenangkan. Dengan kata lain bisa dikatakan bahwa ini akan menjadi lokasi yang sangat cocok untuk anda dan kita semua yang memang menyukai wisata budaya yang ada di Lombok ini. Disana memang anda akan bisa membuat segala sesuatunya sehingga anda bisa menjadi bagian utama yang bisa membuat segala sesuatunya menjadi seru. Ada beberapa kegiatan tradisi yang sering dan masih dilakukan seperti bau nyale pada bulan ke 10 dan 11, rebo bontong, bebubus batu, tandang mendet, lomba mamaos dan lainnya.

Keseruan Liburan Disana

Wisata Suku Sasak Lombok
Wisata Suku Sasak Lombok

Kini lokasi itu dibuka sebagai lokasi budaya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang datang kesana. Disana anda memang akan disuguhkan banyak sekali keindahan alam dan juga keindahan arsitektur unik dari rumah yang ada dan digunakan oleh suku tersebut. Anda juga bisa menyaksikan beragam aktivitas warga sekitar termasuk juga melihat beberapa kegiatan menenun yang sudah menjadi tradisi yang terus dilestarikan. Anda bisa membeli kain tenun dan juga mencicipi beragam kuliner khas di wilayah tersebut. Semua itu memang bisa anda dapatkan saat berkunjung ke lokai suku sasak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *