by

4 Gili-Gili Eksotis Di Daftar Wisata Lombok Timur

Bicara tentang gili di Lombok tentu sudah tidak asing kita dengar tentang gili Meno, gili Air, dan gili Trawangan yang ada di Lombok barat. Memang ketiga gili ini sudah menjadi ikon pulau Lombok yang namanya sudah dikenal di seluruh dunia. Tetapi ternyata kalau kita melakukan wisata Lombok, kita juga bisa menemui gili-gili yang tidak kalah eksotis dengan trio gili tadi. Paling tiak di Lombok timur ada gili Bidara, gili Kondo dan gili Lampu, gili petagan.

4 Gili Yang Eksotis di Wisata Lombok Timur

Gili Bidara

Gili Bidara
Gili Bidara

Seperti gili-gili di pulau Lombok,gili Bidara ini juga sebuah pulau yang tidak luas. Mungkin hanya perlu waktu sekitar 30-45 menit untuk mengitarinya. Pergi ke gili Bidara akan terasa seperti punya pulau sendiri karena memang tidak ada fasilitas apapun di pulau ini. hanya terlihat bekas pelabuhan yang ada di gili ini. Kesan alamipun akan kita dapatkan ketika berkunjung kesini.

Untuk mencapai ke gili Bidara, pengunjung bisa menyewa perahu dari Sambelia. Untuk menghemat biaya, pengunjung bisa sekalian mengunjungi gili-gili di dekatnya untuk sekali jalan.
Yang ditawarkan oleh gili Bidara sebagai salah satu ikon wisata Lombok timur ini adalah keeksotisan gilinya. Gili ini dimanfaatkan oleh penduduk untuk bertani sehingga ada kalanya kita akan menemui tanaman seperti ubi dan wijen.

Gili Kondo

Gili Kondo
Gili Kondo

Karena memang berdekatan dengan gili-gili lain di Lombok timur, maka gili Kondo bisa jadi tujua selanjutnya. Perjalanan ke gili ini bisa dicapai dari Sambelia, tepatnya di pelabuhan Padak Guar. Dari informasi, untuk biaya sewa kapal berkeliling gili-gili dikenakan tariff sekitar 400 ribu rupiah. Tetapi biaya sewa ketika perjalanan hanya ke gili Kondo pulang pergi, maka tarifnya sekitar 200 ribu rupiah.

Gili Kondo sendiri sebenarnya tidak terlalu luas, namun perlu tenaga ekstra jika pengunjung memiliki target untuk mengelilingi pulai ini. gili ini juga begitu eksotis karena memiliki pantai pasir putih yang begitu lembut. Itulah kenapa berjalan berkeliling pulau berpasir putih ini akan terasa begitu memorable.

Keindahan bawah laut adalah psona lain yang harus dinikmati di gili Kondo ini. ada banyak spot snorkeling yang harus dicoba agar bisa mengetahui secara detail keindahan terumbu karang disini. Untuk menikmati keindahan bawah laut gili Kondo ini, peralatan snorkeling maupun diving harus kita persiapkan sendiri karena memang di gili ini tidak ada penyewaan alat-alat selam.

Gili Lampu

Gili Lampu
Gili Lampu

Ada lagi gili yang juga eksotis yang harus dikunjungi ketika berwisata ke Lombok timur yaitu gili Lampu. Gili yang masih berdekatan dengan gili Kondo ini memiliki kahasan tersendiri. Gili Lampu ini menawarkan keindahan panorama sunset yang begitu menawan. Tentu saja hal ini bisa dinikmati saat cuaca cerah tanpa awan. Mandi dan berenang juga merupakan aktifitas lain yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan gili Lampu ini sembari menunggu matahari tenggelam.

Gili Petagan

Gili Petagan
Gili Petagan

Daya tarik gili Petagan ini adalah adanya hutan bakau yang menghiasai pesisir pantainya. Menurut cerita, tanaman bakau ini sudah ada sejak masa pendudukan Jepang dulu. Sekarang hutan ini begitu rindang dan tertata sehingga menambah hijau gili Petagan ini.

Menyusuri parit yang ada di antara hutan bakau ini ternyata bisa mengantarkan kita ke sebuah perairan yang lebih luas, miripterlihat seperti danau yang dikelilingi oleh tanaman-tanaman bakau yang begitu asri. Dengan menawarkan begitu banyak keindahan, tentu kita tidak boleh melewatkan gili-gili ini saat wisata Lombok timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *