by

Kuliner Murah Meriah di Kuta Lombok

Melancong tidak hanya sekadar mengunjungi satu per satu destinasi wisata dan mengabadikannya dalam bentuk foto atau vlog. Melancong tidak akan lengkap jika tidak dilengkapi dengan wisata kuliner, apalagi jika melancong ke destinasi wisata tersohor semacam Kuta Lombok. Daerah Kuta yang ada di Lombok berada di Kecamatan Pujut. Kabupaten Lombok Tengah. Di sini para wisatawan disuguhkan dengan keindahan pantai-pantai dengan hamparan pasir putih yang seperti mutiara, seperti di Pantai Kuta. Selain itu, para wisatawan juga akan disuguhkan berbagai macam kuliner khas Lombok yang begitu menggoyang lidah. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sate Bulayak khas Kuta Lombok

Sate Bulayak khas Kuta Lombok
Sate Bulayak khas Kuta Lombok

Sate memang ada dimana-mana, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Namun, ketika kita berada di Kuta Lombok, kita akan menemukan sate khas daerah ini. Sate khas dari daerah Kuta dikenal dengan nama sate bulayak. Sate bulayak sama dengan sate ayam yang bisa dijumpai dengan mudah di seluruh Indonesia. Hanya saja sate bulayak disajikan bersama dengan bulayak. Bulayak adalah makanan sejenis dengan ketupat yang dibungkus dengan daun aren. Bulayak memiliki bentuk yang bulat panjang. Hal yang membuat sate bulayak berbeda dari sate yang lain adalah bumbu yang digunakan. Bumbu pada sate bulayak terbuat dari bumbu dengan resep khusus yang dicampur dengan kemiri dan santan yang kental.

Pelecing Kangkung khas Kuta Lombok

pelecing kangkung
pelecing kangkung

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Kuta Lombok jika tidak mencicipi lezatnya pelecing kangkung. Pelecing kangkung adalah kuliner khas Lombok yang terbuat dari kangkung Lombok. Kangkung Lombok memiliki rasa yang berbeda dari kangkung yang ada di daerah yang lain. Dari segi ukuran, kangkung Lombok lebih besar dari kangkung pada umumnya. Cara membuat pelecing kangkung adalah dengan merebus kangkung sampai matang dan disuwir menjadi ukuran yang kecil. Suwiran kangkung akan dicampur dengan bumbu khas pelecing kangkung. Bumbunya sendiri terbuat dari campuran tomat, cabe rawit, perasan jeruk purut, terasi, gula dan garam. Pelecing kangkung memiliki rasa pedas yang menggoyang lidah, apalagi jika disantap bersama dengan nasi putih hangat.

Ikan Bakar Nipah khas Kuta Lombok

ikan bakar nipah
ikan bakar nipah

Daerah Kuta Lombok yang memiliki banyak pantai cantik membuat daerah ini menyuguhkan aneka hidangan khas laut. Salah satu hidangan laut yang terkenal adalah ikan bakar nipah yang mudah dijumpai di setiap pantai yang ada di Lombok. Ikan bakar nipah terbuat dari ikan yang masih segar yang baru ditangkap oleh para nelayan. Ikan ini dibumbui ala ikan bakar pada umumnya. Biasanya ikan bakar nipah akan dimakan bersama dengan nasi putih hangat, sambal kecap dan pelecing kangkung.

Kelaq Sebie khas Kuta Lombok

kelaq sebie
kelaq sebie

Kelaq sebie merupakan kuliner khas Kuta Lombok yang berasal dari sebie atau cabai rawit hijau. Makanan ini menggunakan bahan baku berupa cabai rawit hijau hingga satu kilogram. Cabai tersebut akan dipotong kecil-kecil untuk memunculkan rasa pedasnya dan dimasak dengan bumbu-bumbu berupa bawang putih, bawang merah, terasi, santan kental, gula dan garam. Semua bahan tersebut akan dicampur menjdia satu dan dimasak sampai matang. Semakin lama waktu memasak kelaq sebie maka santannya akan menjadi semakin kental dan bumbunya semakin meresap. Rasa pedas adalah sensasi yang pertama kali dirasakan ketika menyantap kelaq sabie. Kelaq sebie bisa dicampur dengan bahan lain seperti ikan tongkol, kacang panjang, kangkung dan terong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *