by

Lombok Barat: Destinasi Hunting Foto Wisata Lombok

Wisata Lombok rasanya kurang pas jika tidak menjamah seluruh rahasia keindahan Pulau Lombok sambil hunting foto wisata Lombok bertema outdoor. Biasanya untuk hunting foto outdoor Anda butuh tempat yang masih tergolong sepi agar panorama yang ditangkap terlihat lebih indah dan menyeluruh. Untuk itu, terdapat 2 destinasi wajib yang harus Anda jamah di Lombok Barat, sebagai berikut:

1. Bukit Malimbu.

foto wisata lombok
bukit malimbu

Jika Anda pecinta foto-foto sunset, Bukit Malibu wajib Anda kunjungi. Bukit Malibu terletak sekitar 24 kilometer dari pusat Kota Mataram. Perjalanan ke Bukit Malibu cukup menantang dan dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit hingga 1 jam untuk menuju wilayah ini. Jika langit cerah, maka pemandangan sunset di Bukit Malibu akan lebih menakjubkan. Anda bisa melihat dua gili yang paling populer di Lombok dari kejauhan, yaitu Gili Trawangan dan Gili Meno. Tidak hanya itu Anda juga akan disuguhkan pemandangan Gunung Agung dari kejauhan. Pemandangan yang sempurna inilah yang tidak boleh Anda lewatkan untuk mendapatkan foto wisata Lombok yang menakjubkan.

2. Gili Nanggu.

gili nanggu lombok
gili nanggu lombok

Pulau Lombok terkenal dengan gili-nya (pulau/nusa kecil) yang eksotis. Selain Gili Trawangan dan Gili Meno yang reputasinya sudah mendunia, terdapat Gili lain di Lombok Barat yang dapat dijadikan destinasi hunting foto wisata Lombok Anda berikutnya, yaitu Gili Nanggu. Perjalanan menuju Gili Nanggu cukup mudah, salah satunya melalui Pelabuhan Lembar. Dari pusat Kota Mataram ke Pelabuhan Lembar hanya sekitar 27 kilometer dengan kendaraan, selanjutnya gunakan speedboat atau perahu ke tujuan sekitar 35 hingga 45 menit. Gili Nanggu bak pulau pribadi yang hanya dihuni staf resor. Suasana hening, pasir putih yang terhampar, biru lautan, dan matahari tenggelam yang menakjubkan merupakan momen terindah di pulau seluas kurang lebih 8 hektar ini. Karenanya, tidak jarang banyak pasangan yang menjadikan pulau ini sebagai destinasi foto-foto honeymoon.

Membidik Sisi Lain Lombok Barat: Pura Lingsar dan Desa Banyumelek untuk Foto Wisata Lombok Latar Adat

Tidak hanya dikenal wisata outdoor dan sunsetnya yang menakjubkan, Lombok Barat juga menyuguhkan sisi lain dari Lombok. Bagi Anda yang hobi foto berlatar adat dan religi, Anda bisa hunting foto wisata Lombok ke dua tempat berikut di Lombok Barat.

1. Pura Lingsar dan kerukunan umat beragama

wisata pura lingsar lombok
wisata pura lingsar lombok

Melalui foto wisata Lombok Barat di Pura Lingsar yang terletak di Desa Lingsar, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat ini, Anda akan menangkap potret kerukunan umat beragama di Indonesia. Dibangun oleh Raja Anak Agung Ketut Karangasem pada tahun 1741 dan dianggap sebagai Pura paling suci. Uniknya, terdapat gabungan nilai-nilai agama Hindu dan Islam Wetu Telu di pura ini. Pura seluas 26 hektar ini sungguh menunjukkan harmonisasi antara agama Islam dan Hindu, sehingga kedua ritual agama tersebut dapat berdampingan tanpa terjadinya gesekan.

2. Desa Banyumulek, desa penghasil gerabah yang tersohor

desa banyumulek lombok
desa banyumulek lombok

Di Lombok, terdapat beberapa desa yang mampu mendongkrak perekonomian desa melalui kearifan lokal di desanya sendiri. Jika di Lombok Tengah terdapat Desa Sukarara sebagai penghasil kain tenun Lombok yang cukup tersohor, di Lombok Barat terdapat Desa Banyumelek sebagai desa penghasil gerabah. Keahlian ini merupakan keahlian turun-temurun yang dilakukan di Desa Banyumulek, bahkan hingga menarik wisatawan untuk sekedar berkunjung, mengabadikan foto, belajar membuat gerabah, hingga membelinya. Jika Anda cukup tertarik tema foto adat, Anda dapat membidik pembuatan gerabah dengan cara tradisional di Desa Banyumulek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *