by

Hati-hati dengan Sihir Wisata Air Terjun di Lombok

Jika mendengar kata travelling atau wisata, Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan Pulau Lombok sebagai destinasi wisata. Liburan keluarga, honeymoon, travelling bersama teman, hingga camping rasanya puas jika Anda lakukan di Pulau Lombok. Pasalnya, Pulau Lombok tidak hanya menyuguhkan keindahan pantai nan eksotis, namun juga menyuguhkan wisata air terjun dengan beragam pesona. Topografi Lombok yang didominasi oleh gunung berapi Rinjani, membuat wisata air terjun di Lombok tak kalah eksotisnya dengan pantai-pantai di sekeliling Lombok.

Wisata Air Terjun di Lombok
Wisata Air Terjun di Lombok

Hutan Pusuk : Bagian dari Wisata Air Terjun di Lombok

Jika Anda ingin berkunjung ke salah satu destinasi wisata air terjun di Lombok, Anda akan melewati kawasan hutan yang biasanya dijadikan tempat persinggahan oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun Tiu Kelep dan Sindang Gile. Hutan Pusuk merupakan bagian dari kawasan hutan Rinjani yang merupakan habitat ratusan ekor monyet. Karenanya, Hutan Pusuk biasa dikenal dengan sebutan Hutan Monyet Pusuk. Di hutan inilah ratusan monyet, yang setia menanti makanan dari para pengunjung, berkeliaran dengan bebas. Untuk itu, pastikan Anda membawa bekal pisang jika melewati atau singgah di Hutan Pusuk.

baun pusuk lombok
baun pusuk lombok

Pusuk berarti puncak. Sesuai dengan namanya, Hutan Pusuk menyuguhkan keindahan alam khas ketinggian yang sangat indah dan menyegarkan. Jalan di Hutan Pusuk berkelok-kelok indah dengan suguhan pemandangan hutan lindung yang rimbun, serta suara alam yang mendamaikan hati siapa saja yang singgah jika ingin ke Tiu Kelep dan Sindang Gile, wisata air terjun di Lombok. Anda dapat menyusuri Hutan Pusuk dengan berkendara atau berjalan kaki. Agar perjalanan lebih menyenangkan dan menantang, tidak ada salahnya Anda menyusuri hutan dengan berjalan kaki saja sembari menghirup udara bersih nan alami. Anda tidak perlu khawatir dan takut akan keberadaan monyet-monyet di Hutan Pusuk, mereka sudah terbiasa dengan pengunjung, sehingga tidak akan melukai siapapun. Namun, Anda juga harus tetap waspada dan tidak mengganggu kawanan monyet di Hutan Pusuk.

Tiu Kelep dan Sindang Gile : wisata air terjun di Lombok yang Wajib Anda kunjungi

air terjun di lombok utara
air terjun di lombok utara

Biasanya, wisatawan yang singgah beberapa saat di Hutan Pusuk memiliki tujuan wisata utama ke Tiu Kelep atau Sindang Gile, yaitu wisata air terjun di Lombok yang sangat dikenal keindahannya oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Air terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dengan kedalaman air kolamnya yang hanya sepinggang orang dewasa. Dasar kolam dipenuhi dengan batuan-batuan yang lembut dan memiliki air yang jernih. Dalam bahasa Sasak, Tiu berarti kolam dan Kelep berarti terbang. Jadi, nama Tiu Kelep ini seolah ingin menggambarkan kondisi air terjun yang buihnya berterbangan di kolam. Air Terjun Tiu Kelep hanya berjarak 15 menit dari air terjun Sindang Gile.

Nah, air terjun yang satu ini juga dikenal indah dan tak kalah eksotisnya — air terjun Sindang Gile. Untuk pergi kesana, Anda hanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari jalur trekking Gunung Rinjani dan melewati 500 anak tangga. Anda akan disuguhkan keindahan aneka pohon dan tumbuhan yang meneduhkan dan memanjakan mata Anda. Jangan khawatir, Anda dapat sejenak singgah di Warung Makan Senaru yang terletak di pinggir air terjun. Air terjun yang memiliki ketinggian 35 meter ini dipercaya masyarakat sekitar, bahwa jika Anda mandi atau sekedar mencuci muka di sini, Anda akan awet muda. Penasaran, kan? Yuk! wisata ke Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *