by

Pantai Tanjung Aan Wisata di Lombok Tengah Yang Menarik

Siapa yang tak kenal Lombok? Sebuah pulau di Nusa Tenggara yang terkenal dengan ribuan keindahan alamnya, membuat siapa saja yang berkunjung kesana tak ingin pulang. Lombok memiliki area wisata yang masing-masing memiliki keunikan. Maka, tak heran jika Pulau Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata di Lombok Tengah yang terkenal dengan pantainya yang terkenal unik adalah Pantai Tanjung Aan.

pantai tanjung aan
pantai tanjung aan

Pantai Tanjung Aan sudah tak asing lagi dikalangan wisatawan. Pantai ini merupakan sebuah pantai wisata di Lombok yang memiliki garis pantai paling panjang di Lombok, kurang lebih 2 km. Sejauh mata memandang, Pantai Tanjung Aan berhadapan langsung dengan luasnya Samudera Hindia. Hal inilah yang membuat pemandangan pantai Tanjung Aan semakin menakjubkan. Alunan suara ombak yang menyatu dengan semilir angin sangat menyejukkan hati siapa saja yang butuh ketenangan, sehingga Pantai Tanjung Aan terasa begitu nyaman.

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Lombok ini bisa melakukan kegiatan berenang hingga snorkeling, karena airnya yang bersih dan jernih, juga ombak di tepi pantainya cukup tenang. Menjelang sore, ombak pantai yang semakin besar sangat cocok bagi mereka yang hobi berselancar.

Keunikan Pantai Tanjung Aan, Wisata di Lombok Tengah nan Menakjubkan

Pantai Tanjung Aan memiliki sejumlah keunikan yang membuatnya berbeda dari pantai wisata di Lombok Tengah lainnya. Apa saja sih keunikannya?

  • Area Perbukitan

Selain dapat menikmati pemandangan dari tepi pantai, Anda dapat juga menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan secara menyeluruh dari atas bukit. Pantai ini memang dikelilingi oleh area perbukitan yang hijau menyejukkan. Tak heran, para pelancong rela mendaki hanya untuk menyaksikan secara langsung panorama Pantai Tanjung Aan dari sudut pandang yang berbeda.

  • Ritual Bau Nyale

Selain pemandangan yang menakjubkan, serta memiliki karakteristik yang cukup unik, Pantai Tanjung Aan juga memiliki cerita legenda kepercayaan warga. Konon katanya, dahulu kala terdapat seorang puteri bernama Puteri Mandalika. Ia sengaja melompat dari area perbukitan ke laut lepas, saat dikejar oleh pangeran yang ingin mempersuntingnya. Setelah melompat, dipercaya oleh warga lokal, sang puteri bereinkarnasi menjadi cacing laut. Karenanya, di pantai ini selalu diadakan upacara ritual berburu cacing laut yang dalam bahasa lokal disebut ‘bau nyale’.

  • Pasir Pantai

Salah satu keunikan lainnya dari pantai ini adalah double tekstur pada pasir pantainya. Disatu sisi, pasir pantai Tanjung Aan memiliki tekstur halus dan putih bersih bak tepung. Namun disisi lainnya, pasir Pantai Tanjung Aan bertekstur kasar dan kekuningan persis seperti merica. Hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi wisatawan.

  • Tanjung

Sesuai dengan namanya, Pantai Tanjung Aan memiliki tanjung di pantainya. Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut dan ketiga sisi daratan ini dikelilingi oleh laut. Tanjung di pantai ini menjadi garis batas antara pasir pantai bertekstur halus dan putih bersih dengan area pasir pantai bertekstur kasar dan sedikit kekuningan.

Transportasi Menuju Wisata di Lombok Tengah, Pantai Tanjung Aan

Untuk mencapai pantai wisata di Lombok Tengah ini dari Bandara Internasional Lombok, Anda bisa menaiki transportasi umum, kendaraan pribadi, atau sewa dengan jarak tempuh sekitar 24 km. Namun jika Anda berangkat dari Kota Mataram, Anda akan menempuh jarak yang cukup panjang, yaitu sekitar 62 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Makin penasaran kan dengan Pantai Tanjung Aan? Yuk, segera liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *