by

3 Desa Wisata di Lombok Yang Unik

Lombok tidak hanya menyimpan jutaan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga ragam budaya dan kerajinan tangan yang membuat siapa saja berdecak kagum melihatnya dan membuat wisata di Lombok tidak membosankan.

Ingin merasakan suasana liburan berbeda di Lombok? Tentu bisa. Lombok terkenal akan keindahan pantai dan gilinya, namun jika Anda ingin merasakan suasana liburan berbeda yang edukatif, Anda bisa berkunjung ke 3 (tiga) desa ini. Sukarara, Sade, dan Banyumulek, adalah tiga desa wisata di Lombok yang sering dikunjungi wisatawan, untuk mempelajari lebih dalam sisi lain dari Lombok. Masing-masing dari ketiga desa tersebut menyimpan keunikan dan budayanya yang sangat menarik untuk dipelajari. Jangan khawatir akan lingkungan sosialnya, ketiga desa ini terkenal ramah dengan wisatawan atau siapapun yang berkunjung untuk turut mempelajari budaya Lombok lebih dalam.

Mengintip Keunikan 3 (tiga) Desa Wisata di Lombok

Sukarara, Sade, dan Banyumulek adalah tiga desa wisata di Lombok yang memiliki budaya dan keunikan yang berbeda. Anda yang berkunjung kesana akan disuguhkan wisata edukasi yang tidak biasa dan sungguh menarik. Yuk, intip keunikan tiga desa ini.

  • Desa Sukarara
Desa Sukarara
Desa Sukarara

Desa ini berada di Lombok Tengah berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok dan Tanjung Aan. Mengunjungi desa ini, Anda akan menemukan banyak perempuan dipelataran rumah yang sedang menenun. Perempuan di desa ini sangat ahli dan mahir dalam menenun kain khas Lombok. Hal ini berhubungan dengan adat istiadat lokal, di mana kaum perempuan diwajibkan untuk bisa dan mahir dalam menenun agar mereka bisa menikah. Perempuan yang tidak mahir menenun tidak diperbolehkan untuk menikah. Perempuan yang menikah harus menggunakan songket, sebab di desa ini songket adalah sebuah lambang langgengnya suatu hubungan dan merupakan makna kecantikan.

Sangat disayangkan, jika berkunjung kesini tanpa membeli tenun khas Lombok buatan Desa Sukarara. Selain terkenal dengan kekuatanya, warna kain tenun Sukarara tidak mudah luntur, karena pewarnaannya terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu tumbuh-tumbuhan.

  • Desa Sade
desa sade lombok
desa sade lombok

Sade sebetulnya merupakan nama dusun di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Namun, Sade kian dikenal masyarakat dan wisatawan sebagai Desa yang masih mempertahankan adat Suku Sasak yang kental. Bahkan, karena keunikannya ini, Desa Sade ditetapkan sebagai desa wisata di Lombok Tengah oleh Dinas Pariwisata setempat.

Meski listrik dan PNPM dari pemerintah telah masuk, Desa Sade masih tetap mempertahankan adat istiadat dan suasana perkampungan lokal. Masuk ke desa ini Anda akan disuguhkan pemandangan kerajinan tangan yang dibuat warga lokal, hampir disetiap rumah. Bahan pembuatan rumah pun masih alami, yaitu tanah liat, sekam padi, dan atap alang-alang. Mereka mengepel lantai rumahnya menggunakan kotoran kerbau yang dilakukan seminggu dua kali. Sementara, atap alang-alang akan diganti antara 5 sampai 15 tahun sekali.

  • Desa Banyumulek
desa banyumulek lombok
desa banyumulek lombok

Desa ini berada di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Sejak tahun 90-an Desa Banyumelek terkenal sebagai sentra industri gerabah di seantero Lombok. Kurang lebih sekitar 80% penduduknya berkecimpung dalam bidang gerabah.

Masuk ke desa wisata di Lombok Barat ini, Anda akan disuguhkan suasana yang tidak biasa, di mana bangunan-bangunannya dihiasi dengan gerabah-gerabah besar di pagarnya.

Akses Menuju Ketiga Desa Wisata di Lombok

Tidak sulit mengunjungi ketiga desa ini, sebab memang desa ini sudah terkenal sebagai desa wisata di Lombok. Letak ketiga desa ini pun cukup berdekatan. Dari Bandara Internasional Lombok, Anda bisa langsung menuju Desa Sukarare yang hanya memakan waktu kurang lebih 20 menit. Karena sama-sama berada di Kabupaten Lombok Tengah, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Desa Sade. Setelahnya Anda bisa mengunjungi Desa Banyumulek yang letaknya di Lombok Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *