by

Dua Wisata Religi di Lombok Tunjukkan Harmonisasi Umat Beragama

Lombok selalu memberikan yang terbaik untuk pengunjungnya. Lombok terus memberikan wisata-wisata indah untuk Anda. Tidak hanya memberikan wisata alamnya yang indah, Lombok juga menyajikan wisata kuliner yang menakjubkan. Setelah mata terkenyangkan dengan keindahan dan perut terpenuhi kebutuhannya. Anda dapat kembali melanjutkan liburan Anda, menuju wisata santai namun mengesankan, yaitu wisata religi di Lombok. Sesungguhnya, Lombok juga memiliki wisata religi yang wajib untuk Anda kunjungi. Karena Lombok masih menyimpan sejuta pesonanya, termasuk sejuta pesona wisata religi di Lombok. Pesona Lombok akan wisata religinya, dibarengi pula dengan keharmonisan umat beragama di dalamnya. Untuk Anda yang penasaran dimanakah tempat wisata religi tersebut, Anda dapat menyimak tempat wisata religi di Lombok berikut ini.

Tempat Wisata Religi di Lombok

  1. Masjid Bayan Beleq

Masjid ini terletak sekitar 80 kilometer dari kota Mataram. Atau akan memakan jarak tempuh selama dua jam dari Kota Mataram. Masjid ini adalah masjid yang menjadi tonggak tersebarnya Islam di Lombok. Pendiri Masjid Bayan Beleq adalah Syeh Gaus Abdul Razak yang juga merupakan salah satu penyebar agama Islam di Bayan. Gaya arsitektur Masjid ini, merupakan percampuran antara budaya Hindu Bali, dengan Islam Jawa. Masjid ini kini sudah tidak digunakan lagi oleh masyarakat sekitar. Mungkin karena masjid sudah cukup berumur, walaupun demikian masjid masih tetap digunakan untuk waktu-waktu tertentu.

Misalnya, acara Maulid Nabi. Pada acara ini biasanya, masyarakat akan banyak datang ke Masjid Bayan Beleq, untuk merayakannya. Pada Maulid Nabi, Masjid Bayan Beleq akan merayakannya selama dua hari. Dan pada perayaan ini, pengunjung yang datang dan ingin mengikuti prosesi, diwajibkan untuk mengikuti peraturan yang ada. Contohnya, para pengunjung harus menggunakan baju adat Sasak seperti dodot dan Sapuk. Cukup seru bukan? Dan bagi Anda yang menyukai sejarah dan ingin mengetahui lebih banyak tentang persebaran Islam di Lombok, Anda dapat mengunjungi wisata religi di Lombok yang satu ini.

  1. Pura Lingsar

Untuk Anda yang ingin mengganti destinasi dari Masjid Bayan Beleq Anda dapat melanjutkan perjalanan wisata religi di Lombok Anda dengan pergi ke Pura Lingsar. Pura Lingsar terletak di Desa Lingsar, Lombok Barat. Pura ini merupakan pura terbesar di Lombok, yang dibangun sejak 1741. Di mana pada masa ini Lombok masih diperintah oleh Raja Anak Agung Ketut Karangasem. Pura ini dianggap sebagai pura yang paling suci Lombok. Pura Lingsar memiliki keunikan pada bangunannya, yakni bangunannya dibangun dengan gabungan dari nilai-nilai Hindu dan Islam Wetu Telu.

gambar pura lingsar

Bangunan didalam Pura Lingsar pun terbagi menjadi dua, bagian utara terdapat Pura Hindu yang bernama Gaduh. Sedangkan di bagian Selatan berdiri Pura Weku Telu yang bernama Kemaliq. Pura Lingsar memiliki luas 26 hektar dan betul-betul menunjukkan keharmonisan antara agama Islam dan Hindu. Karena tidak jarang, kedua umat bergama menjalankan ritual bersamaan, tanpa adanya gesekan.

Pergi berwisata, tidak hanya dapat Anda habiskan dengan berkunjung ke tempat wisata alam atau kuliner saja. Karena Anda dapat berwisata pula, ke beberapa tempat wisata religi, salah satunya wisata religi di Lombok. Wisata religi di Lombok, telah menunjukkan toleransi antara satu umat dengan umat lain. Anda ingin menyaksikannya secara langsung? Silahkan berkunjung ke dua tempat di atas dan saksikan secara langsung bagaimana harmonisnya toleransi antar umat yang terjalin disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *