by

2 Objek Wisata di Lombok Barat

Liburan menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk melepas penat dan stres dengan rutinitas harian. Salah satu tempat liburan yang banyak dituju adalah Lombok Barat. Berkunjung ke Lombok Barat tidak lengkap rasanya tanpa menyambangi objek wisata di Lombok Barat yang banyak menjadi tujuan wisatawan. Banyak lokasi-lokasi yang sudah dibuka untuk umum sebagai tujuan rekreasi yang berlokasi di kabupaten ini. Akses yang mudah dan fasilitas umum yang terbilang cukup lengkap membuat objek-objek wisata di daerah ini sering dikunjungi.

Bersantai Sejenak di Taman Narmada, Objek Wisata di Lombok Barat yang Asri dan Hijau

gambar taman narmadaObjek wisata ini berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Taman ini sudah dibangun sejak tahun 1727 oleh Raja Mataram Anak Agung Ngurah Karang Asem. Menurut sejarahnya, taman seluas 2 hektar ini dibangun sebagai perumpamaan dari Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Anda akan merasakan suasana yang sangat asri dan nyaman ketika memasuki kompleks taman ini. Banyaknya pepohonan hijau dan tanaman bunga serta adanya kolam yang berada di bagian tengah bisa membuat mata Anda sangat termanjakan. Banyaknya pepohonan juga membuat udara menjadi sejuk dan cocok untuk bersantai.

Sembari berjalan-jalan di areal sekitar taman Anda akan menemukan sebuah pura bernama Pura Kalasa di bagian atas. Jika lelah berjalan, Anda dapat mencoba kesegaran air di kolam yang berasal dari mata air Gunung Rinjani. Menurut warga setempat, air ini diyakini dapat membuat awet muda apabila diminum atau dibasuhkan ke wajah. Ada banyak cerita sejarah tentang Taman Narmada yang bisa Anda gali dari petugas-petugas atau pemandu wisata yang mendampingi Anda. Objek wisata di Lombok Barat ini sangat cocok dijadikan wahana rekreasi edukasi bagi anak-anak. .

Pura Lingsar, Objek Wisata di Lombok Barat Bertemakan Sejarah

wisata pura lingsar lombok
wisata pura lingsar lombok

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di Pulau Lombok beragama Islam. Banyaknya masjid di pulau ini membuat Lombok dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid. Meskipun demikian, di Lombok juga terdapat masyarakat dengan agama lain seperti Hindu. Pura Lingsar merupakan salah satu peninggalan agama Hindu di Lombok yang masih dipelihara dan dijadikan sebagai objek wisata. Pura ini berlokasi di Desa Lingsar, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, masih berdekatan dengan lokasi Taman Narmada.

Pura ini sangat menggambarkan kehidupan antar umat beragama di Lombok yang bisa berjalan berdampingan dengan damai. Anda bisa menemukan umat Islam dan Hindu sama-sama datang dan melakukan ritual di areal pura ini. Sebelum memasuki kompleks Pura Lingsar yang memiliki luas sekitar 26 hektar ini, Anda akan dipakaikan selendang. Pemakaian selendang ini bertujuan untuk menghormati kesucian pura sebagai tempat ibadah. Di kompleks ini terdapat kolam yang dihuni ikan-ikan yang cukup unik. Ikan-ikan tersebut unik karena mereka tidak akan menampakkan diri ke permukaan air kecuali bila dipanggil atau dipancing dengan berbagai cara. Objek wisata di Lombok Barat ini bisa Anda capai dengan perjalanan darat dari Kota Mataram sejauh kurang lebih 15 km menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Dua objek wisata tadi bisa Anda jadikan alternatif lokasi berlibur bersama keluarga. Anda bisa mengajak putra-putri Anda untuk menikmati suasana alam di Taman Narmada dan Pura Lingsar sambil mempelajari sejarah yang ada dibalik pembangunannya. Berlibur ternyata juga bisa bernilai edukasi dengan mengunjungi lokasi-lokasi yang merupakan situs peninggalan sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *