by

3 Desa Wisata di Lombok Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tidak melulu pantai Lombok memberikan banyak alternatif tempat wisata yang sayang jika Anda lewatkan. Selain wisata pantai, Anda dapat juga melakukan wisata kuliner, ada banyak makanan khas yang nikmat siap memanjakan lidah Anda. Bagi Anda yang hobi menjelajah, trekking, dan mendaki, ada gunung Rinjani yang siap memuaskan hasrat berpetualang Anda.

Nah, jika Anda ingin mengenal budaya yang ada di Lombok, ada beberapa desa wisata unggulan yang ada di Lombok. Wisata di Lombok memberikan paket komplet mulai dari wisata pantai, kuliner, wisata alam, sampai dengan wisata budaya dan sejarah. Bicara mengenai desa budaya, ada tiga desa budaya terkenal yang ada di Lombok. Desa apa saja itu? Berikut ulasannya untuk Anda.

Wisata di Lombok Desa Sukarara

Desa Sukarara
Desa Sukarara

Wisata di Lombok yang menarik Anda kunjungi pertama adalah desa Sukarara. Desa ini memiliki keunggulan di bidang tenunnya. Desa yang dihuni oleh sekitar 5000 jiwa ini berada di kawasan Lombok Timur. Menjadi pusatnya tenun Lombok, desa Sukarara siap memuaskan hasrat belanja Anda. Ada aneka kain tenun yang cantik sebagai buah tangan atau kenang-kenangan.

Walaupun perkembangan teknologi sudah masuk ke desa ini, namun, penduduk desa masih terbilang sangat menjaga budaya serta kearifan lokalnya. Salah satunya adalah dengan menjaga tradisi menenun tradisional. Para wanita di desa Sade memiliki kemampuan menenun yang sangat baik membuat kain tenun khas Lombok terkenal akan kualitas serta motifnya yang memikat. Jika Anda penasaran dengan cara menenun para wanita desa Sukarara, tak perlu segan untuk mencoba menenun menggunakan alat tradisional tersebut. Pengalaman yang sangat menarik bukan?

Wisata di Lombok Desa Sade dan Desa Banyumulek

 

desa sade di lombok
desa sade di lombok
desa banyumulek lombok
desa banyumulek lombok

Berbeda dengan desa Sukarara yang sudah menerima perkembangan zaman dengan terbuka, desa Sade masih memiliki kekhasan karena masih sangat mempertahankan adat istiadat warisan leluhur. Suku sasak adalah suku yang mendiami desa tersebut. Jika Anda memasuki kawasan desa wisata ini, Anda akan mendapati tiap bangunan yang ada di desa adalah bangunan khas suku sasak.

Rumah-rumahnya masih dibuat secara tradisional tanpa bangunan beton sama sekali. Letaknya tidak terpencil, justru berada di tepi jalan raya yang sudah beraspal. Namun, Anda akan mendapati perkampungan suku sasak yang masih asli di sini. Anda bisa melihat kehidupan suku sasak di sini, Anda juga bisa berinteraksi dengan warga, serta mempelajari banyak hal di sini.

Nah, satu lagi desa yang wajib Anda kunjungi. Desa Banyumulek memiliki keunggulannya sendiri. Jika ada desa yang menjadi sentra tenun, desa satu ini menjadi sentranya alat gerabah. Ya, desa ini sudah menjadi sentra gerabah sejak lama. Namun, perkembangan pesat mulai muncul pada awal tahun 1990an. Sampai sekarang, desa Banyumulek sangat terkenal dengan produk gerabahnya yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga memiliki model dan motif yang unik dan khas.

Hampir 80% penduduk desa ini memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin gerabah. Cara pembuatannya masih mempertahankan beberapa cara tradisional yang dipadukan dengan teknik pemanggangan yang baik dan terjaga sehingga gerabah dapat awet dan kuat.

Itu tadi bahasan mengenai desa wisata di Lombok. Bagi Anda yang ingin pergi wisata di pulau Lombok, jangan hanya pergi ke pantainya saja, ada banyak hal penarik yang dapat Anda gali di sini. Salah satunya adalah mengunjungi desa unik di Lombok seperti yang sudah diulas di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *