by

Wisata ke Lombok Mengunjungi Air Terjun

Selain berburu pantai, kini ada tren baru yang digemari banyak anak muda. Hal tersebut adalah berburu air terjun. Berburu air terjun kini menjadi salah satu hal yang menarik. Mengunjungi air terjun yang belum terjamah dengan melakukan trekking menyusuri hutan menjadi hal yang banyak dilakukan anak muda untuk mengisi waktu luang. Bagi para pemburu air terjun Lombok juga memiliki beberapa air terjun fenomenal yang tidak akan mengecewakan Anda.

Wisata di Lombok memang menjadi pilihan yang pas karena Lombok menyuguhkan sebuah paket wisata lengkap untuk siapa saja. Anda dapat memilih wisata seperti apa yang ingin Anda lakukan termasuk melakukan wisata alam dengan berburu air terjun keren. Ada dua air terjun yang dibahas kali ini, adapun ulasannya adalah sebagai berikut.

Wisata ke Lombok
Wisata ke Lombok

Wisata ke Lombok, air terjun Sendang Gile

Air terjun yang pertama adalah air terjun Sendang Gile. Air terjun Sendang Gile adalah air terjun yang sudah cukup terkenal bahkan oleh wisatawan mancanegara. Berada di kawasan senaru, air terjun ini berada dekat dengan beberapa objek wisata lainnya termasuk beberapa pantai. Air terjun apik ini masuk dalam cakupan taman nasional rinjani.

Tidak heran jika keasriannya masih sangat terjaga. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup mencengangkan yaitu sekitar 31 meter dengan dinding air terjun yang tertutup tanaman hijau. Walaupun termasuk air terjun terkenal, namun, untuk mencapainya dibutuhkan perjuangan. Anda harus melakukan trekking menyusuri medan yang cukup sulit berupa tangga dan jalan setapak selama 15 menit.

Wisata ke Lombok air terjun Tiu Kelep

Wisata ke Lombok belum lengkap jika belum mengunjungi air terjun Tiu Kelep. Bagi Anda yang mengaku sebagai penggila petualangan tentunya harus mencoba mengunjungi air terjun satu ini. Tidak salah jika air terjun satu ini disebut dengan surga yang tersembunyi. Bagaimana tidak, untuk mencapainya kita harus berjuang melakukan trekking dengan jarak yang tidak dekat.

Namun, segala penat akan terbayar setelah sampai di air terjun tersebut. Air terjun ini dapat ditempuh melalui rute yang sama dengan air terjun Sendang Gile. Hal ini karena air terjun bertingkat ini berada di atas air terjun Sendang Gile dengan aliran sungai yang sama. Butuh waktu 45 menit dengan jalan yang menantang untuk sampai ke air terjun satu ini. Dengan tinggi  45 meter, Anda tidak akan menyesal menghabiskan waktu dan tenaga menuju tempat ini.

Untuk sampai ke lokasi dua air terjun tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah berkendara sekitar 2,5 jam dari pusat mataram dengan kendaraan sewa atau kendaraan pribadi. Dari tempat parkir, Anda kemudian harus melakukan trekking sejauh 15 menit untuk air terjun pertama dan ditambah 45 lagi untuk mencapai air terjun selanjutnya.

Oleh karenanya, Anda harus mempersiapkan diri untuk perjalanan yang cukup jauh. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Bawalah minum Anda sendiri agar tidak kehausan karena perjalanannya yang cukup panjang. Jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Akan lebih baik jika Anda turut membersihkan sampah sepanjang trek.

Wisata ke Lombok satu ini sangat cocok bagi para pemburu air terjun dan pecinta kegiatan petualangan. Anda dijamin tidak akan sempat merasa bosan karena banyak hal menarik di tempat wisata Lombok satu ini. Hutan yang dilalui memiliki kelengkapan flora yang cukup beragam. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa bertemu penghuni hutan seperti burung dan monyet. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *