by

Wisata Lombok Tengah yang Tidak Boleh Terlewatkan

Wisata Lombok Tengah menjadi salah satu destinasi liburan yang tidak boleh terlewatkan seperti Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, Desa Sade, dan Desa Sukarara.

Apakah Anda sudah menentukan destinasi untuk liburan tahun ini?Jika belum, mengunjungi Pulau Lombok wajib ada di dalam daftar liburan berikutnya.Salah satu wilayah di Pulau Lombok yang tidak boleh terlewatkan adalah Lombok Tengah.Ada berbagai wisata Lombok Tengah yang sangat indah dan menarik untuk dijelajahi lebih lanjut.

Wisata Lombok Tengah untuk Menikmati Keindahan Alam

Berkunjung ke Pulau Lombok tidak lengkap tanpa menjelajahi seluruh keindahan alamnya yang tak terbatas. Ketika berkunjung ke Lombok Tengah, ini dia 2 wisata yang wajib dikunjungi:

  1. Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok

Terletak di pesisir selatan Pulau Lombok tepatnya di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Pantai Kuta Lombok menawarkan keindahan alam yang tidak kalah dari Kuta Bali.Pantai Kuta Lombok memiliki garis pantai pasir putih yang panjang dengan air laut yang biru jernih dan dangkal.Hal ini membuat para wisatawan tidak tahan untuk berenang dan menyelam untuk melihat biota bawah lautnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai permainan air seperti banana boat dan jet ski di sini.

Wilayah Kuta Lombok sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum yang lengkap seperti toilet, tempat makan, bahkan tempat menginap. Anda bisa mencapai lokasi ini dengan berkendara selama 1 jam dari Kota Mataram atau 30 menit saja dari bandara.

  1. Pantai Tanjung Aan Lombok

Bersebelahan dengan Pantai Kuta Lombok, kawasan Mandalika juga memiliki pantai yang indah lainnya yaitu Pantai Tanjung Aan.Keunikan dari pantai ini adalah pasir pantai yang tersebar sepanjang 2 kilometer. Walaupun memiliki pasir putih yang sama, namun ketika menginjakkan kaki di atasnya Anda akan merasakan butiran pasir yang sebesar butiran merica.

Selain pasir pantainya yang unik, Pantai Tanjung Aan memiliki pantai dengan ombak yang sangat tenang.Air lautnya sangat jernih sehingga cocok untuk berenang sampai menyelam.Dibandingkan dengan Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan terbilang lebih sepi sehingga cocok bagi Anda yang suka berlibur jauh dari keramaian.

Wisata Lombok Tengah untuk Belajar Budaya Lokal

Menikmati wisata alam saja tidak cukup, ada wisata budaya yang juga menarik untuk dikunjungi. Nah, kunjungan Anda ke Lombok Tengah tidak akan lengkap tanpa mengunjungi destinasi di bawah ini.

  1. Desa Sade

Desa Sade merupakan salah satu desa yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan.Pasalnya, desa ini ditinggali oleh masyarakat Sasak asli yang masih sangat menjaga adat dan tradisi mereka. Ketika berkendara ke Desa Sade di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah, Anda pasti akan dengan mudah menemukannya. Desa ini memiliki ukuran yang kecil dimana seluruh bangunan di dalamnya masih dibangun dengan desain arsitektur khas suku Sasak.Bangunan dibangun dengan atap rumbia, dinding bedek/anyaman bambu, dan lantai tanah liat.

Saat masuk ke dalamnya, Anda akan diiringi oleh seorang pemandu wisata yang siap menjelaskan secara detail mengenai desa ini. Anda akan dibawa berkeliling, bahkan masuk ke dalam rumah-rumah warga. Anda juga bisa belajar menenun secara langsung dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.Jika beruntung, Anda juga bisa melihat bagaimana warga memiliki kebiasaan mengepel lantai dengan kotoran kerbau. Mereka percaya cara ini bisa mengusir nyamuk dan membuat ruangan menjadi lebih hangat yang anehnya tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Desa Sukarara

Berpindah ke kecamatan Jonggat, ada satu desa lagi yang bisa menjadi destinasi berikutnya untuk belajar menenun secara langsung, yaitu Desa Sukarara.Desa ini memang dikenal sebagai sentra penghasil kain tenun songket. Sepanjang perjalanan, Anda pasti akan melihat banyak wanita yang menghabiskan waktunya di luar rumah untuk menenun kain.Hal ini dikarenakan wanita di sini diwajibkan untuk bisa menenun sebagai syarat untuk menikah.

Nah, wisata mana yang akan Anda kunjungi berikutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *