by

Pantai Kuta Lombok Sejuta Keindahan Alam Yang Asri

Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu Pantai di Pulau Lombok yang memiliki keindahan menakjubkan. Pantai ini menawarkan pasir putih, ombak yang bergelombang serta keindahan terumbu karang yang masih sehat.

Pantai Kuta biasanya lebih identik dengan Pulau Bali. Namun, ternyata Pulau Lombok pun memilki pantai Kuta yang tak kalah menarik. Anda pasti akan takjub melihat keindahan pantai ini. Pantai Kuta Lombok terletak di wilayah selatan Pulau Lombok. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan jajaran terumbu karang yang masih sehat. Tak hanya itu, garis pantai yang lebih bergelombang pun menambah pemandangan romantis nan menakjubkan di pantai ini.

Pantai Kuta Lombok juga disebut Pantai Merica karena memiliki butiran pasir yang sangat kecil, bahkan dikatakan lebih kecil dari merica. Pantai ini sangat disarankan bagi wisatawan yang menginginkan tempat wisata alami yang tidak telalu riuh oleh wisatawan lain. Meski sekarang pantai juga juga sudah semakin ramai, namun masih kalah ramai dengan Pantai Kuta Bali.

Jika Anda hendak mengunjungi Pantai Kuta Lombok, Anda dapat mendatangi Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer. Tak hanya itu, disebelah barat pantai ini terdapat Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita seorang putri bernama Mandalika yang melompat dari bukit ini karena menghindari kejaran pangeran yang hendak mempersuntingnya. Dari puncak bukit ini, Anda akan disuguhkan keindahan Pantai Kuta dengan air laut yang bening dan gugusan terumbu karangnya.

Pantai Kuta Lombok berjarak sekitar 72 km dari arah tenggara Kota Mataram. Pantai ini bisa dicapai sekitar 90 menit perjalanan. Karena keberadaan angkutan umum yang relatif jarang dan mahal, sangat disarankan Anda menyewa mobil atau bergabung dengan paket tour.

Sebelum Anda mencapai Pantai Kuta Lombok, Anda akan melewati Desa Sade terlebih dahulu. Desa Sade ini merupakan tempat tinggal Suku Sasak, penduduk asli Pulau Lombok. Masyarakat Suku Sasak juga membuat kain tenun tradisional. Untuk itu, pastikan Anda mampir sebentar untuk melihat proses pembuatan kain tenun tradisional.

Setelah sampai di lokasi pantai, banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan. Diantaranya snorkling, berselancar, atau menunggu suset sembari bermain  air. Anda juga dapat mengunjungi Pantai Seger yang terletak 2 km di sebelah timur Pantai Kuta. Pantai ini juga memiliki garis pantai dankeindahan yang sama dengan Pantai Kuta Lombok.

Pantai Seger sangat cocok bagi pecinta selancar dan snorkling. Di pantai ini juga menyediakan persewaan alat snorkling dan selancar. Selain menikmati berbagai olah raga air yang menyenangkan, Anda juga dapat menyaksikan upacara Bau Nyale yang sering masyarakat lakukan disekitar Pantai Seger pada rentang bulan Februari hingga Maret. Upacara ini dilakukan dengan tradisi penangkapan cacing nyale untuk mengenang kisah putri Mandalika yang diperebutkan banyak pria.

Pantai Kuta Lombok juga memiliki garis pantai yang didominasi pasir putih. Tak hanya Pantai Seger, beberapa spot terbaik juga dapat Anda jumpai di Pantai Kuta. Diantaranya, Pantai tanjung Aan, Pantai Gerupuk, dan pusat Pantai Kuta. Pantai Tanjung Aan merupakan empat dari sepuluh nominasi pantai terbaik di dunia dalam Travellers’ Choice Awards. Sedangkan pantai Gerupuk masuk nominasi sepuluh spot surfing terpopuler di asia.

Untuk Anda yang berminat menikmati pemandangan di Pantai Kuta Lombok siang dan malam tidak lagi perlu khawatir. Di sekitar Pantai Kuta sudah tersedia berbagai macam tempat penginapan maupun hotel. Tak hanya itu, Pantai Kuta juga memiliki berbagai macam restoran. Mulai dari penawaran backpacker hingga sebuah resor berbintang empat.Bagi Anda yang hendak menuju Bandara Internasional Lombok, dapat menempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *